Memahami Jobdesk (1) Penyeduh Kopi (2) Kebersihan dan (3) Keamanan di Warkop Salira

Memahami Jobdesk (1) Penyeduh Kopi (2) Kebersihan dan (3) Keamanan di Warkop Salira

Warkop Salira – Ini sebenarnya untuk Intern Usaha, karena memang yang paling harus memahami adalah orang yang bersangkutan yaitu yang mengemban tugas sebagai A B C tersebut. Tetapi tidak mengapa, kami share di situs “Warkop Salira – salira.id” ini, ya untuk pengetahuan bersama. Semoga berkah.

Sistem Warkop (Warung Kopi) kami adalah:

  • Pelanggan datang, lalu menuju ke Loket Pemesanan Segelas Kopi
  • Tunggu sekitar satu menit, ketika segelas kopi sudah tersedia, langsung bayar, dan petugas memberikan voucher WiFi gratis kepada pembeli kopi tadi.

Sedangkan, Jam Operasional Warkop Salira adalah Setiap hari kecuali Hari Jum’at. Mulai Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 22.00. Hari Libur Nasional tetap Buka, kecuali Idul Fitri dan Idul Adha.

A. Jobdesk Petugas Penyeduh Kopi

1. Membeli berbagai jenis Kopi, baik jenis kopi bubuk botolan maupun kopi instant pada kemasan plastik

2. Mendata stok persediaan semua jenis kopi yang disediakan di Warkop Salira

3. Menyiapkan semua peralatan penyeduh kopi serta merawatnya dengan sebaik mungkin

4. Melayani dan membuatkan Kopi bagi pelanggan yang memesan nya

5. Memberikan voucher WiFi Gratis kepada pelanggan yang memesan kopi, berbarengan dengan memungut / menarik uang pembayaran dari pelanggan.

6. Mengisi berkas “Form Laporan Harian” yang telah disediakan perusahaan, berisi menjabarkan apa saja yang dilaksanakan di hari tersebut secara terperinci. Selanjutnya diserahkan ke Pimpinan Usaha. (Jadi ingat waktu kerja di FSCM – Astra, memang begitu harus mengisi Lembaran Form Laporan Harian).

7. Uraian pekerjaan ini bisa saja dikurangi atau ditambah dikemudian hari sesuai keputusan Pimpinan Kerja.

B. Jobdesk Petugas Kebersihan

1. Menyapu halaman, ruangan, Mengepel lantai serta membersihkan barang-barang property milik Warkop Salira agar tidak berdebu dan tidak kotor.

2. Melanjutkan (point 1), Jadwal nya adalah Satu hari sebanyak dua kali, yaitu Pagi ketika buka tempat usaha Jam 8.00 dan Sore hari jam 16.00.

3. Mengambil dan membersihkan bekas Cup gelas kopi di meja pelanggan lalu mengumpulkannya di tempat penampungan yang telah ditentukan.

4. Membersihkan / Mencuci peralatan penyeduh Kopi.

5. Standby di lokasi selama jam kerja yang telah ditentukan untuk memantau kondisi kebersihan lingkungan Warkop Salira

6. Mengisi berkas “Form Laporan Harian” yang telah disediakan perusahaan, berisi menjabarkan apa saja yang dilaksanakan di hari tersebut secara terperinci. Selanjutnya diserahkan ke Pimpinan Usaha.

7. Uraian pekerjaan ini bisa saja dikurangi atau ditambah dikemudian hari sesuai keputusan Pimpinan Usaha.

C. Jobdesk Petugas Keamanan

1. Menyapa pelanggan yang mulai terlihat datang dan masuk ke lokasi Warkop Salira

2. Menjaga situasi dan kondisi lingkungan Warkop Salira agar menjadi Aman serta Nyaman untuk pelanggan yang sedang singgah

3. Mengingatkan kepada pelanggan yang terbukti melakukan tindakan-tindakan yang membuat tidak nyaman pelanggan lainnya dan atau tidak nyaman untuk orang-orang sekitar lingkungan Warkop Salira

4. Mengambil tindakan tegas dengan cara mempersilahkan pelanggan yang tidak mematuhi peringatan di (point 3) untuk meninggalkan Warkop Salira.

5. Terus berusaha secara berkesinambungan untuk Menjalin hubungan baik dengan tetangga masyarakat di sekitar Warkop Salira, dengan Tokoh Masyarakat, Aparat Pemerintah serta dengan Pihak Kepolisian.

6. Mengisi berkas “Form Laporan Harian” yang telah disediakan perusahaan, berisi menjabarkan apa saja yang dilaksanakan di hari tersebut secara terperinci. Selanjutnya diserahkan ke Pimpinan Usaha.

7. Uraian pekerjaan ini bisa saja dikurangi atau ditambah dikemudian hari sesuai keputusan Pimpinan Usaha.

Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi banyak orang. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Jobdesk #Keamanan #Kebersihan #Penyeduh Kopi #Salira #Warkop #Warkop Salira