Mengenal Sembilan Jenis Kopi Asli dari Indonesia

161 views
Mengenal Sembilan Jenis Kopi Asli dari Indonesia

Rekomendasi Tempat Beli Kopi Online : madrecoffee.com

Warkop Salira – Sudah sejak Jaman Penjajahan, Negara Indonesia memang dikenal sebagai Penghasil Kopi dengan kualitas yang mendunia. Atas alasan itu pula yang menjadi salah-satu Motif tujuan Penjajah Belanda dan Jepang menyerbu negara kita Indonesia untuk dikeruk kekayaan Alam, rempah-rempah, hasil bumi, termasuk didalamnya Kopi Indonesia untuk di jual belikan ke pasar Internasional.

Tetapi sekarang bukan lagi zamannya penjajahan, walau memang kita masih saja tetap terjajah dalam hal Ekonomi. Tetapi itu memang tugas besar para wakil rakyat untuk bagaimana membuat orang Indonesia menjadi lebih bersahaja, merdeka finansial, sugih pangan, pakan, papan. Semoga tercapai demikian kedepannya. Amin.

Di postingan kali ini, saya akan mengulas Macam-macam Kopi yang ada di Indonesia. Secara singkat terdapat Sembilan Jenis Kopi Asli Indonesia yang keberadaannya sudah diakui dunia karena bagusnya kualitas kopi dari negara kita Indonesia.

Untuk pengetahuan bahwa negara Indonesia itu adalah Negara ke 4 (empat) sebagai Negara penghasil dan pengekspor Kopi terbesar. Dimana urutan Pertama jatuh ke Negara Brazil, lalu Negara Vietnam, terus ke Kolombia dan Indonesia ada di urutan ke empat.

Baik, kita kembali ke topik artikel ini, jadi, Kesembilan Jenis Kopi yang Paling populer di Indonesia itu adalah :

1. Kopi Gayo

Sumber Foto : gayolandcoffee.com

Asal daerah Kopi Gayo adalah dari Aceh Tengah, lebih tepatnya berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Kopi Gayo ini telah menyandang predikat sebagai “Fair Trade Certified™” Artinya Kopi Gayo adalah Kopi Premium terbaik di Dunia. Luar biasa.

Jika kawan-kawan ingin membeli kopi ini bisa langsung coba mencarinya di situs ini – itu tempat belanja Kopi Gayo yang sangat dipercaya.

2. Kopi Toraja

Sumber Foto : kopisetia.com/

Kopi ini berasal dari daerah Makassar (dahulu bernama Ujung Pandang), Provinsi Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya, Kopi Toraja ini ditanam di Perkebunan Kopi Tana Toraja, tepatnya lagi di Daerah Kalosi disana.

Untuk teman-teman yang mau mengenal lebih dalam atau yang mau beli Kopi Toraja ini bisa ke situs kopisetia.com

3. Kopi Kintamani

Sumber Foto : ottencoffee.co.id/

Penghasil Kopi Kintamani adalah daerah Dataran Tinggi Kintamani di Pulau Bali. Langsung saja TKP ke ottencoffee.co.id kalau teman-teman tertarik ingin beli Kopi Kintamani ini.

4. Kopi Flores

Sumber Foto : infokopi.com

Untuk Kopi Flores, berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tepatnya lagi, Kopi Flores ini ditanam di Dataran Tinggi Ngada di Nusa Tenggara Timur tersebut.

Untuk informasi dan pengetahuan, bahwa Kopi Arabika Flores ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1977 silam. Dan teman-teman bisa membeli Kopi Flores di situs ini.

5. Kopi Jawa

Namanya juga Kopi Jawa, tentunya ini yakin berasal dari Pulau Jawa ya teman-teman. Kopi Jawa ini sudah mulai ditanam sejak Abad ke 17. Dahulu, di Pulau Jawa itu adalah tempat Produsen penghasil kopi terbesar di dunia (di masa nya tersebut).

Untuk pengetahuan, Kopi Jawa banyak ditanam di Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Kalau teman-teman bermaksud mau beli kopi ini, silahkan ke situs kopijawa.net

6. Kopi Lanang

Kopi Lanang itu artinya Kopi Laki-laki. itu karena bijinya hanya satu, bukan berbiji dua (dikotil) seperti kopi-kopi pada umumnya.

Kopi ini banyak ditanam di Perkebunan Kopi Malangsari, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. Kopi Lanang adalah termasuk kedalam Kopi Robusta, artinya Citarasa Kopinya lebih Pahit daripada Kopi Arabika.

Kopi Lanang disebut-sebut banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Bagaimana?, kalau teman-teman penasaran ingin mencobanya, bisa beli kopi ini ke Situs ini.

7. Kopi Luwak

Ceritanya itu ada Hewan Luwak atau Musang, dia makan Biji Kopi. Lalu ternyata sistem pencernaan si Luwak atau Musang itu tidak bisa mencerna / membuat hancur biji kopi nya, akhirnya keluar lagi bersama kotoran nya.

Nah, ternyata biji kopi yang sudah melewati sistem pencernaan Luwak atau Musang, ternyata memiliki rasa yang luar biasa Nikmat nya. Makanya sampai sekarang dikenal dengan Kopi Luwak bukan Kopi Musang ya kawan-kawan hehe.

Kalau mau beli kopi Luwak, bisa ke situs ini.

8. Kopi Wamena

Sumber Foto : kopiwamena.com

Kopi ini ditanam di Pegunungan Wamena. Wamena sendiri adalah sebuah kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, Papua, Indonesia.

Sebenarnya Kopi Wamena ini memiliki banyak Nama yaitu : BALIEM blue Coffee, Baliem Arabica, Kopi Wamena, Kopi Papua, Kopi Baliem, Kopi Arabica Papua, Kopi Bailem Papua, Kopi Papua Wamena, Kopi Wamena Papua, Kopi Papua Bailem.

Secara baku Kopi Wamena juga disebut Kopi Bailem Blue Coffee yaitu Kopi Arabia Papua Wamena Single Origin. Kalau teman-teman mau beli Kopi Wamena, teman-teman bisa ke situs kopiwamena.com . Teman-teman juga bisa membeli kopi Papua ini disini.

9. Kopi Sidikalang

Sumber Foto : kopisidikalang.com

Kabarnya, Kopi Sidikalang ini disebut-sebut sebagai Kopi pesaing beratnya Kopi Brazil. Wah !!! – teman-teman bisa beli Kopi ini disini.

Oke, demikian obrolan saya saat ini. Artikel ini bersumber dari sini – Semoga ada manfaat yang didapat. Salam. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Asli #Flores #Gayo #Indonesia #Jawa #Jenis #Kintamani #Kopi #Lanang #Luwak #Sidikalang #Toraja #Wamena