Proses Memasak Nasi Liwet Khas Sunda Asli

40 views

Salira TV – Senang sekali saya dapat meliput proses pembuatan Nasi Liwet Khas Sunda Asli.

Ayo Om tonton video diatas karena ada urutan-urutan bagaimana memasak nasi liwet khas Sunda Singaparna Tasikmalaya.

Penjelasan di Video :

Liputan pada 20 April 2020 oleh salah-satu Tim Salira TV (Pipih Pirmansyah) di Area Sawah Mina Padi Salira, yang beralamat di Kp. Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Pagi itu kami sekeluarga memutuskan untuk Ngaliwet dalam rangka menyambut awal bulan Puasa beberapa hari berikutnya, orang disini biasanya menyebutnya dengan Acara Munggahan.

Acara Munggahan adalah mengalami pergeseran makna, dimana pada mulanya Acara Munggahan itu adalah acara saling berkunjungnya setiap muslim ke rumah muslim yang lain untuk meminta maaf atas segala khilaf dan kesalahan. Tetapi saat ini Acara Munggahan menjadi bermakna lain, Acara Munggahan kebih ke acara ngaliwet atau botram di tempat wisata sekeluarga dan menjadi hilang makna salaman dan saling silaturrahmi antara keluarga yang satu dengan keluarga yang lainnya.

Ya begitulah teman-teman jika suatu ilmu tidak dipatenkan dan tidak digembor-gemborkan oleh semua orang penting, akhirnya masyarakat awam menangkapnya dengan pandangan dan makna mereka sendiri, ini adalah salah kaprah sebenarnya. Tapi mau bagaimana lagi? , harus kepada siapa meminta pertanggungjawaban dengan salah kaprah Acara Munggahan ini ?

Pipih Pirmansyah

Tags: #Asli #Cara #Jawa Barat #Khas Sunda #Leuwiseeng #Memasak #Mina Padi #Nasi Liwet #Pipih Pirmansyah #Proses #Salira #Singaparna #Sukaherang #Tasikmalaya