DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI STREAMING 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Tupoksi Salira TV - Siaran Televisi Streaming 24 Jam dari IndonesiaWatch Now Salira TV LIVE directly at salira.coPERS Berkualitas, Masyarakat Cerdas. Dukung Jurnalisme Berkulitas di Salira TV dengan Cara Berlangganan di Salira TV dan Suara Salira

Aspers Kasad : Pembinaan Mental Bagi Prajurit Harus Tepat, Efektif, Terukur dan Adaptif

SALIRA TV JAKARTA – Fungsi Pembinaan Mental bagi prajurit dan keluarganya harus mengacu pada penyelenggaraan pembinaan mental yang tepat, efektif, terukur dan adaptif agar berbagai pelanggaran oleh prajurit dapat dieliminir dan kehidupan keluarga prajurit berjalan seimbang.

Hal tersebut disampaikan Asisten Personel (Aspers) Kasad Mayjen TNI Darmono Susastro dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad) Kolonel Arm Bambang Irawan. pada Rapat Evaluasi Bidang Pembinaan Mental, yang dilaksanakan di Markas Disbintalad, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Rapat Evaluasi ini diikuti oleh para pejabat Bintal dan pejabat personel di Kotama maupun Balakpus TNI Angkatan Darat di seluruh Indonesia.

Diungkapkan Aspers Kasad dalam sambutan tertulisnya, peran Bintal di Lingkungan TNI dan TNI AD khususnya sangat menentukan, karena urgensi Bintal bagi prajurit merupakan keniscayaan yang tidak dapat ditawar.

“Kemajuan perkembangan terknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini menjadi salah satu potensi Ancaman menurunnya nilai moralitas dan keimanan dalam kehidupan prajurit, ” ujar Aspers KASAD dalam sambutan tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakan, perlu adanya pembinaan dan penguatan pondasi yang diarahkan untuk membentuk moralitas prajurit yang bertumpu pada jati dirinya dengan baik.

Indikator Keberhasilan pembinaan mental diantaranya adalah kinerja satuan meningkat dan pelanggaran prajurit menurun.

“Prajurit yang memiliki mental keimanan dan ketaqwaan yang baik akan memiliki kinerja yang baik pula dan berupaya untuk menghindari berbagai bentuk pelanggaran, ” imbuhnya.

Aspers Kasad berharap, dengan digelarnya Rapat Evaluasi Bidang Bintal ini, dapat merumuskan berbagai solusi dan sasaran yang terukur dalam mencegah berbagai pelanggaran prajurit.

Dengan meningkatkan pembinaan mental yang tepat, efektif, terukur dan adaptif bagi prajurit dan keluarganya, diharapkan pelaksanaan tugas dan kehidupan keluarga prajurit dan bermasyarakat dapat seimbang.

Diakhir kegiatan Rapat Evaluasi Bidang Bintal Angkatan Darat ini ditutup oleh Kadisbintalad Brigjen TNI Nur Salam dengan penekanan antara lain bahwa aparat Bintal TNI AD untuk terus meningkatkan kinerja dan pantang menyerah dengan keterbatasan yang dihadapi di lapangan. Program Pembinaan Mental harus terukur sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai.

Selain itu juga diharapkan aparat pembinaan mental Angkatan Darat harus mampu berinovasi dan mengembangkan kreativitas agar sasaran yang diharapkan dapat tercapai sehingga peran dan fungsi Bintal dapat dirasakan oleh prajurit dan keluarganya serta satuan maupun institusi TNI/TNI AD. (Dispenad) (HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *