DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI STREAMING 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Tupoksi Salira TV - Siaran Televisi Streaming 24 Jam dari IndonesiaWatch Now Salira TV LIVE directly at salira.coPERS Berkualitas, Masyarakat Cerdas. Dukung Jurnalisme Berkulitas di Salira TV dengan Cara Berlangganan di Salira TV dan Suara Salira

Wakapolda Jabar Pimpin Upacara dan Syukuran HUT Satpam ke 42 Tahun 2023

SALIRA TV KOTA BANDUNG – Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi memimpin Upacara peringatan HUT Satpam ke 42 tahun 2023 dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Jabar, Kasat Binmas Polres/Ta/Tabes, Ketua Umum BPD ABIJAPI Jabar serta Ketua DPD APSI Jabar, bertempat di Lapangan Mini Soccer Polda Jabar, Senin (30/1/2023)

Wakapolda Jabar pada kesempatan tersebut membacakan amanat Kapolri yang menekankan bahwa Satpam adalah mitra Polri dan merupakan pengemban tugas Kepolisian terbatas. Menurutnya Polri menyadari bahwa dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat tidak dapat dilakukam sendiri, dibandingkan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Berangkat dari permasalahan tersebut Bapak Kapolri ke- 8 sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Alm Jenderal Polisi ( Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin M.P.A., melakukan benerapa penelitian dan studi banding yang kemudian membentuk suatu pengamanan swakarsa yang menggalang partisipasi masyarakat, dimana latihan dasarnya diberikan oleh Kepolisian .

Ahirnya pada 30 Desember 1980, terbentuklah Satpam yang dikukuhkan dalam SK Kapolri SKEO/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan usaha jasa pengamanan, asosiasi jasa pengamanan, serta stakeholder terkait atas kerja keras dan pengabdiannya dalam memelihara stabilitas Kamtibmas, sehingga selalu terjaga dan tetap kondusif.

Selamat ulang tahun ke 42 kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas, semoga dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita – cita Bangsa Indonesia.

Kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan Polri, yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan serta ketertiban.

Dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas.

Sumber : Hms

Heri Heryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *