DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI INTERNET 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA SAHABAT UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS YANG AKAN DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. INFORMASI LENGKAP, HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Sosialisasi Sistem Berlangganan Bulanan untuk Konten Salira TV

Puncak Bulan Inklusi Keuangan Dibuka Pj Bupati, Mendorong Literasi Keuangan di Ciamis

SALIRA TV KABUPATEN CIAMIS – Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, secara resmi membuka acara Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Selasa (08/10/2024).

Acara ini berlangsung di Gedung KH. Irfan Hielmy Islamik Center dan dihadiri oleh berbagai unsur penting, termasuk Ketua OJK Provinsi Jawa Barat, anggota DPR RI, unsur Forkopimda, perangkat daerah, serta para pimpinan perbankan dan institusi jasa keuangan di wilayah Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Engkus Sutisna menekankan bahwa Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024 merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan literasi keuangan di seluruh lapisan masyarakat, terutama di Tatar Galuh, Kabupaten Ciamis.

Ia menjelaskan pentingnya acara ini dalam mendorong masyarakat untuk memahami dan memanfaatkan layanan keuangan.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis sangat mendukung upaya ini, karena inklusi keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan akses yang lebih mudah terhadap layanan keuangan, diharapkan masyarakat dapat lebih mandiri secara finansial, yang akan meningkatkan kesejahteraan serta mempercepat penguatan ekonomi daerah.

Engkus menambahkan bahwa melalui program inklusi keuangan, masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan perbankan dapat memperoleh akses yang lebih baik.

“Mulai dari tabungan asuransi hingga pembiayaan usaha kecil dan menengah, semuanya bertujuan untuk mewujudkan perekonomian yang lebih inklusif dan berkualitas,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga mengajak seluruh masyarakat dan lembaga terkait untuk berpartisipasi aktif dalam sosialisasi mengenai pentingnya literasi keuangan.

“Mari kita bersama-sama berperan aktif dalam mendukung tercapainya target inklusi keuangan yang lebih luas, terutama bagi masyarakat pedesaan, petani, nelayan, dan sektor informal lainnya yang seringkali belum tersentuh layanan keuangan formal.”

Sementara itu, Ketua OJK Tasikmalaya, Melati Usman, melaporkan bahwa kegiatan BIK ini merupakan salah satu program kerja rutin OJK yang dilaksanakan sejak tahun 2016. “Tahun ini OJK mengambil tema ‘Akses Keuangan Inklusif Wujudkan Masyarakat Produktif’,” ungkap Melati.

Untuk menyemarakkan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan ini, OJK juga mengadakan sosialisasi jasa keuangan dan literasi keuangan kepada para pelajar dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi, serta berbagai perlombaan dan kegiatan menarik lainnya.

Dengan berbagai inisiatif yang digagas melalui acara ini, diharapkan Kabupaten Ciamis dapat mencapai tujuan literasi keuangan yang lebih baik, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih inklusif.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatangan Komitmen bersama melawan Judi online dan pinjaman online ilegal oleh Pj Bupati Ciamis bersama pihak-pihak terkait lainnya.

PROKOPIM CIAMIS

 

Heri Heryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *